Jumat, 12 Jun 2026 07:20 WIB

Segini Jumlah Kopi yang Disarankan Diminum Setiap Hari

Seorang cewek penikmat kopi (Foto: Farizal Tito/jatimnow.com)
Seorang cewek penikmat kopi (Foto: Farizal Tito/jatimnow.com)

jatimnow.com - Banyak sekali orang yang sangat menggemari kopi. Bahkan ada seseorang yang beranggapan kurang lengkap bila tidak minum kopi saat memulai hari.

Kopi juga menjadi temen setia orang-orang yang lembur. Para peneliti dari Universitas Navarre di Spanyol, Catania di Italia dan laporan terpisah yang diterbitkan oleh Harvard School of Public Health menetapkan bahwa kebiasaan minum kopi saat lembur mengurangi risiko seseorang terkena hipertensi dan dibetes melitus tipe dua.

Baca Juga: Yayasan Amway Peduli dan UC Surabaya Gelar Edukasi Kesehatan Anak Muda

Kemudian berpotensi melindungi seseorang dari sejumlah besar faktor risiko metabolik, termasuk stroke dan penyakit jantung kronis. Lebih intens lagi, makalah Harvard menyatakan minum antara satu dan tiga cangkir kopi sehari selama empat tahun mengurangi risiko seseorang terkena diabetes sebesar 11 persen.

Seperti yang dilansir dari The Ladders, Rabu (11/12), sebaliknya, peminum kopi reguler yang mengurangi asupannya sebanyak satu cangkir sehari meningkatkan risiko terkena gangguan gula darah sebesar 17 persen.

"Temuan kami mengonfirmasi studi sebelumnya yang menunjukkan konsumsi kopi yang lebih tinggi dikaitkan dengan risiko diabetes tipe dua yang lebih rendah, yang paling penting, mereka memberikan bukti baru bahwa perubahan kebiasaan konsumsi kopi dapat mempengaruhi risiko diebets tipe dua dalam waktu yang relatif singkat," ujar penulis utama studi itu, Shilpa Bhupathiraju.

Para peneliti Harvard memperoleh hasil mereka dengan menganalisis studi sebelumnya. Studi tersebut secara kumulatif berisi data dari 1.109.272 peserta. Sedikit lebih dari 45.000 orang yang tergabung dalam kelompok ini telah didiagnosis menderita diabetes sebelum mereka direkrut untuk laporan masing-masing.

Baca Juga: Puluhan Barista di Blitar Ikuti Lomba Menyeduh Kopi Manual

Tidak hanya 20 tahun menindaklanjuti kopi sebagai langkah korelatif yang menguntungkan terhadap diabetes. Namun, kopi tanpa kafein juga tampaknya memberikan hasil yang sama, meskipun ada batasnya. Lebih dari empat cangkir sehari akan meningkatkan risiko seseorang terkena tekanan darah tinggi.

"Tidak apa-apa untuk minum teh dan kopi sebagai bagian dari diet seimbang, tetapi penting minuman ini bukan sumber cairan utama Anda atau satu-satunya. Jika Anda penggemar kopi, teh atau minuman kaya kafein lainnya, seperti cola dan minuman berenergi, pertimbangkan untuk dikurangi," ujar Bhupathiraju.

 

Baca Juga: PW Kopi, Pionir Kopi Premium Sumsel yang Kantongi Sertifikasi SNI

Lihat Artikel Asli

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama jatimnow.com dengan Republika.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Republika.co.id

Editor : REPUBLIKA.co.id
Berita Terbaru

Optimalkan Produksi Pertanian, Bupati Jember Dorong Petani Muda Masuk Kepengurusan Poktan

Bupati Jember meminta Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan (TPHP) segera berkoordinasi dengan para camat, Gapoktan, dan Poktan untuk menambah keterlibatan generasi muda dalam organisasi petani.

AstraPay Perkuat Digitalisasi UMKM, Dukung Percepatan QRIS Nasional

AstraPay memperkuat digitalisasi UMKM melalui edukasi, QRIS, dan literasi keuangan. Hingga kini telah melayani 17,5 juta pengguna di Indonesia

Savyavasa Mulai Serah Terima Unit, Tandai Babak Baru Hunian Premium Jakarta

Savyavasa mulai serah terima unit kepada penghuni. Apartemen premium di Dharmawangsa ini mencatat penjualan kuat dan minat sewa yang tinggi

MRAN 2026, Bentuk Kepedulian dan Solidaritas Bagi ODHA di Tulungagung

Renungan ini menjadi momen menumbuhkan harapan menghapus stigma dan mengenang ODHA yang sudah meninggal.

BRI Unit Benowo Surabaya Pindah Kantor Mulai 15 Juni, Cek Lokasi Barunya

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk memindahkan operasional BRI Unit Benowo Surabaya ke Jalan Raya Pakal per 15 Juni 2026. Cek detail lokasinya.

Menelusuri Jejak Legenda di Balik Danau Ronggojalu Probolinggo

Danau Ronggojalu dapat diakses dengan mudah, hanya memerlukan waktu tempuh sekitar 30 menit dari pusat Kota Probolinggo.