Senin, 08 Jun 2026 12:45 WIB

5 Manfaat Wine, Penderita Diabetes Bisa Intip Nomor Lima

  • Penulis :
  • | Minggu, 11 Des 2022 08:29 WIB
(foto: unsplash/Kelsey Knight)
(foto: unsplash/Kelsey Knight)

jatimnow.com - Red wine kerap dijadikan simbol kesuksesan atau keberhasilan. Minuman ini kerap disuguhkan di acara-acara tertentu. Misalnya jamuan untuk tamu kerajaan, kehadiran pejabat negara, rekan bisnis, hingga sepasang kekasih.

Pada dasarnya minuman yang terbuat dari anggur ini memiliki manfaat untuk kesehatan yang cukup baik. Asal tidak dikonsumsi berlebihan, ya gaes.

Baca Juga: Jangan Kalap! Ini Panduan Pola Makan Seimbang Saat Lebaran

Mengutip Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga, kandungan alkohol dalam red wine di kisaran 12 hingga 15 persen.

Minuman ini terbuat dari buah anggur yang kaya akan antioksidan. Salah satu jenis antioksidan yang kadarnya tinggi di dalam red wine adalah resveratrol.

Zat ini dipercaya bisa menurunkan berat badan, kadar kolesterol, tekanan darah, menjaga fungsi jantung, serta melancarkan aliran darah. Selain itu, bisa mencegah penyakit kanker dan diabetes, meningkatkan daya ingat, serta menjaga kesehatan jantung.

Berikut manfaat yang bisa diperoleh dari mengonsumsi red wine secara rutin:

1. Cegah Kanker

Penelitian menemukan kandungan resveratrol pada red wine dapat menangkal dan mencegah efek kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas. Oleh karena itu, red wine dipercaya dapat mencegah dan mengurangi risiko kanker, seperti kanker usus besar dan kanker ovarium.

2. Pelihara Kesehatan otak dan Fungsi Memori

Kandungan resveratrol pada minuman ini baik untuk kesehatan saraf dan otak. Berbagai studi menunjukkan bahwa red wine dapat memperlambat proses penuaan pada otak, sehingga daya ingat dapat tetap terjaga.

Baca Juga: BRI Edukasi Produk dan Aktivasi BRImo di Airlangga Education Expo 2026

Lebih jauh lagi, red wine bisa memperbaiki mood, mencegah demensia alzheimer, stroke, dan parkinson.

3. Jaga Kesehatan Jantung

Berbagai riset kesehatan menunjukkan bahwa mengonsumsi red wine dalam batas wajar dapat membantu mencegah penyakit jantung dan mengontrol tekanan darah. Hal ini efek red wine yang dapat membantu mengurangi kolesterol dan peradangan.

4. Jaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Minuman ini bisa menurunkan kemampuan bakteri jahat yang menempel di gigi. Bakteri-bakteri tersebut adalah penyebab karies, yaitu suatu kondisi munculnya lubang di gigi yang bisa semakin besar atau semakin dalam.

Baca Juga: Tabir Gelap Klausula Baku Bank, Mengapa Nasabah OCBC NISP Bisa Kehilangan Dana?

5. Kontrol Gula Darah

Red wine dipercaya bisa menurunkan kadar gula darah selama 24 jam, dan membantu penderita diabetes tipe 2 menurunkan risiko komplikasi. Misalnya penyakit jantung dan stroke.

Bagi Anda yang tidak memiliki masalah kesehatan, mengonsumsi red wine jangan berlebihan. Batas takaran maksimal untuk mengonsumsi red wine bagi laki-laki dewasa adalah dua gelas per hari. Sedangkan wanita dewasa banyak satu gelas sehari.

Hal yang harus diperhatikan, minuman ini mengandung alkohol. Bila berlebihan bisa menyebabkan mengganggu kesehatan, seperti gangguan hati, penyakit jantung, peningkatan risiko kanker, kegemukan, dan kecanduan alkohol.

 

 
Editor : Rochman Arief
Berita Terbaru

Optimalkan Produksi Pertanian, Bupati Jember Dorong Petani Muda Masuk Kepengurusan Poktan

Bupati Jember meminta Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan (TPHP) segera berkoordinasi dengan para camat, Gapoktan, dan Poktan untuk menambah keterlibatan generasi muda dalam organisasi petani.

AstraPay Perkuat Digitalisasi UMKM, Dukung Percepatan QRIS Nasional

AstraPay memperkuat digitalisasi UMKM melalui edukasi, QRIS, dan literasi keuangan. Hingga kini telah melayani 17,5 juta pengguna di Indonesia

Savyavasa Mulai Serah Terima Unit, Tandai Babak Baru Hunian Premium Jakarta

Savyavasa mulai serah terima unit kepada penghuni. Apartemen premium di Dharmawangsa ini mencatat penjualan kuat dan minat sewa yang tinggi

MRAN 2026, Bentuk Kepedulian dan Solidaritas Bagi ODHA di Tulungagung

Renungan ini menjadi momen menumbuhkan harapan menghapus stigma dan mengenang ODHA yang sudah meninggal.

BRI Unit Benowo Surabaya Pindah Kantor Mulai 15 Juni, Cek Lokasi Barunya

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk memindahkan operasional BRI Unit Benowo Surabaya ke Jalan Raya Pakal per 15 Juni 2026. Cek detail lokasinya.

Menelusuri Jejak Legenda di Balik Danau Ronggojalu Probolinggo

Danau Ronggojalu dapat diakses dengan mudah, hanya memerlukan waktu tempuh sekitar 30 menit dari pusat Kota Probolinggo.